Igor Sikorsky; Penemu Helikopter

Igor Ivanovich Sikorsky (25 Mei 1889 – 26 Oktober 1972), adalah seorang perintis pembuatan helikopter dan pesawat bersayap keturunan Rusia-Amerika. Ia juga merupakan perancang dan pesawat bersayap multi-mesin pertama di dunia. Igor dianggap sebagai “Bapak Helikopter” karena telah sukses membuat helikopter dengan desain karyanya sendiri. Pada tahun 1910, ia merupakan satu-satunya desainer yang bekerja di penerbangan helikopter terbesar.

Igor bekerja sebagai chief engineer pada perusahaan Baltic Railroad Car Rusia di Saint Patersburgh. Kemudian ia  mendirikan Manufacturing Company Sikorsky di Roosevelt, New York pada tahun 1912 dan bantu oleh beberapa mantan anggota militer Rusia. Ia mendapatkan dana dari Sergei Rachmaninoff . Dengan dana tersebut akhirnya ia dapat membuat S-29, sebuah pesawat yang memiliki mesin ganda pertama yang dapat menampung penumpang sebanyak 14 orang dengan kecepatan 115 mph dan perupakan satu-satunya pesawat bermesin ganda di Amerika Serikat.

Pada tahun 1929, ia mengajukan permohonan hak paten untuk penemuannya pesawat amfibi yang menggunakan udara untuk daya angkat baling-naling dan dua baling-baling kecil sebagai pendorong. Pada tahun 1931, ia mengajukan hak paten atas karyanya yang lain dan di berikan hak paten pada tahun 1935. Igor telah berhasil membuat helikopter VS-300 dengan penerbangan bebas yang dilakukan pada 24 Mei 1940. Keberhasilan Igor tersebut telah merubah desain R-4 , yang selanjutnya menjadi helikopter pertama di dunia yang diproduksi secara besar-besaran pada tahun 1942.

Igor meninggal di Easton, Connecticut, pada 26 Oktober 1972 dan dimakamkan di Saint John the Baptis Yunani, sebuah pemakaman Katolik yang terletak di Stratford.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *