Titanosaurus, Penemuan Fosil Terbaru Yang Berhasil Menggeser Kedudukan T-Rex

Jika kalian berfikir dinosaurus di dalam Jurassic Park besar, kali ini ada spesies dinosaurus baru yang tulangnya ditemukan oleh seorang petani di Argentina pada tahun 2014. Para ilmuwan kemudian mengemukakan bahwa tulang yang ditemukan ini adalah tulang paha sepanjang 8 kaki atau 243,84 cm.

Dalam penggalian selama 18 bulan di situs tersebut, arkeolog berhasil menemukan 223 fosil dari enam dinousaurus yang diperkirakan masih remaja. Ukuran Dino ini melampaui model dari seekor paus biru sekitar 30 kaki. Penemuan dinosaurus terbaru ini dipamerkan di American Museum of Natural History. Makhluk pra sejarah itu begitu besar sehingga tidak dapat disimpan di dalam ruangan galeri. Bagian leher dari Dino yang memiliki panjang leher 39-kaki akan ditempatkan secara memanjang melalui pintu masuk pengunjung.

Dilihat dari karakteristiknya, dinosaurus ini masuk dalam kelompok Titanosaurus. Kelompok dinosaurus ini dikenal dengan sebutan kadal raksasa dengan€“ leher panjang, ekor seperti cambuk, kepala kecil, dan berjalan dengan empat kaki tebal.

“Hewan ini sangat baru, bahkan kami belum menemukan nama resmi untuk nya,” kata Mark Norell, seorang pemimpin dan macaulay curator dari Museum of Natural History.

Fosil-fosil ini mengungkapkan bahwa makhluk ini sudah menjelajahi hutan lebat Patagonia sekitar 100 juta tahun yang lalu. Ahli paleontologi percaya bahwa hewan ini mati dalam tiga periode yang berbeda, namun masih tidak jelas kapan tepatnya.

“Fosil titanosaur ini sudah digali di setiap benua, dan berlimpahnya penemuan dalam beberapa tahun terakhir ini telah membantu kita menghargai keragaman dalam keompok ini,” kata Micahel Novacek the museum’s senior vice president and provost for science.

Hasil hitung ilmuwan menunjukkan bahwa bobot herbivora raksasa ini sekitar 70 ton atau setara dengan berat sekitar 10 gajah Afrika.|| sumber: cnnindonesia.com

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =