Pemandangan Memukau Dari Puncak Gunung Pesagi Liwa, Lampung Barat

GUNUNG Pesagi adalah Ketinggiannya mencapai 2.389 Meter diatas permukaan laut, di kaki Gunung Pesagi inilah dipercaya letak kerajaan Sekala Brak, yang merupakan cikal-bakal keturunan suku Lampung. Gunung Pesagi berada di Kabupaten Lampung Barat, keindahan alam Lampung Barat sudah tidak diragukan lagi,dan salah satu potensi wisata Lampung Barat adalah Gunung Pesagi.

Dari puncak Gunung Pesagi ini pengunjung dapat menikmati keindahan wilayah Lampung Barat, Danau Ranau, Pemukiman Masyarakat OKU, Laut Lepas Krui, dan Laut Lepas Belimbing.

Keistimewaan puncak Gunung Pesagi memiliki jalur pendakian yang menantang, sepanjang jalur yang dilalui kita dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang beranekaragam serta beberapa satwa liar, namun bagi para pendaki dilarang untuk memetik maupun berburu satwa yang ada di kawasan tersebut.

Menurut keterangan dari warga sekitar, konon puncak pesagi tersebut terdapat tujuh sumur yang satu diantaranya kadang kala mengeluarkan aroma seperti minyak wangi. Akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan air dari tujuh sumur tersebut dan hanya pendaki berhati bersih yang bisa mendapatkanya. Pendaki yang tidak ramah lingkungan atau tidak memiliki niat yang baik tidak akan mendapat air dari sumur tersebut.

Gunung Pesagi memang kental dengan nuansa religiusnya dan bagi yang hobi berpetualangan Gunung Pesagi memang menjadi pilihan yang baik sebagai tujuan wisata.

Untuk menuju lokasi ini bagi anda yang berasal dari luar Lampung tidak perlu khawatir karena ada beberapa alternative yang dapat ditempuh menuju Gunung Pesagi tersebut. Yang pertama bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Bandar Lampung menuju kampung Bahway, Liwa, perjalanan menempuh sekitar 6 jam perjalanan, setelah itu berjalan kaki menuju puncak Pesagi

Bagi para pengunjung yang ingin memilih perjalanan dengan angkutan umum juga bisa. Jarak tempuh sekitar 6-7 jam dari terminal Raja Basa, Bandar Lampung menuju Liwa , kemudian pengunjung harus bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki , Karena kendaraan tidak bisa masuk menuju lokasi.

Gunung Pesagi jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain di luar Lampung memang dirasa tidak terlalu tinggi. Tetapi gunung tersebut memiliki keunggulan tersendiri dan termasuk kategori gunung yang memiliki jalur menantang, terutama hutannya yang membentuk penyambungan.

Tetapi perjuangan tersebut tidak akan sia-sia karena view indah tersaji. Disinilah mata akan dimanjakan pemandangan yang memukau.

|sumber: senjakesaktian.com

pict: kaskus.co.id

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] malahayati.ac.id; March 2018 […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × four =