Gen BRIP1 Tingkatkan Risiko Kanker Ovarium

Gen cacat dapat diidentifikasi sebagai penyebab risiko terkena kanker ovarium. Para ilmuwan mengatakan sekitar 18 dari 1.000 perempuan terkena penyakit Kanker ovarium. Tetapi risiko ini meningkat hingga 58 dari 1.000 orang yang memiliki gen BRIP1 yang telah bermutasi. Gen cacat ini mencegah sel-sel melakukan perbaikan DNA sehingga menyebabkan kanker.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang memiliki gen bermutasi itu lebih mungkin menderita kanker ovarium agresif stadium lanjut ketika berusia lanjut.

Dari Cancer Research UK Cambridge Institute Profesor Paul Pharoah mengatakan “Penelitian kami menemukan sebuah teka teki penting di balik kanker ovarium dan kami berharap penelitian ini akhirnya menjadi dasar untuk uji coba genetik dalam upaya mengidentifikasikan perempuan yang berisiko terkena kanker,” Profesor Paul.

Penemuan ini dilaporkan di Jurnal National Cancer Institute. Profesor Paul menambahkan bahwa penemuan ini akan membantu kita mencegah kasus penyakit kanker dalam jumlah lebih besar dan menyelamatkan nyawa. Hal ini akan sangat penting untuk penyakit seperti kanker ovarium yang cenderung didiagnosa pada stadium lanjut ketika kemungkinan sembuh kecil.|sumber: cnn.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *