Gunung Tanggamus, Destinasi Pendakian Yang Menantang

Gunung Tanggamus adalah sebuah gunung yang terletak di Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Gunung ini berada di sebelah timur laut dari Kota Agung dengan jarak sekitar 10 km. Gunung ini adalah gunung tertinggi kedua di Provinsi Lampung setelah Gunung Pesagi.

Gunung ini memiliki panorama yang sangat menarik. salah satu panorama yang menjadi favorit yaitu panorama teluk semangka secara keseluruhan melalui puncaknya. Selain itu gunung ini juga unik dan memiliki tantangan tersendiri. Menuju lokasi itu saja sudah punya cerita khusus, apalagi jalur pendakian ke tempat peristirahatan pertama hingga puncak.

Memiliki ketinggian 2.100 MDPL gunung ini merupakan salah satu gunung yang menjadi destinasi para pendaki. Biasanya jalur paling umum adalah dari Gisting. Dari Gisting pendaki harus berjalan sejauh 5 KM untuk sampai di ujung aspal. 5 KM lagi pendaki akan menemukan base camp snorkeling. 15 menit dari sana, pendaki menemukan pintu masuk (rimba). Lalu, 3 jam dari sana, pendaki akan menemukan shelter ke-2.

Namun Pendaki harus hati-hati dengan tebing terjal. Pendaki harus menggunakan alat bantu. Dan Jangan lupa untuk membawa air karena tidak adanya air di puncak atau base camp snorkeling. Puncak dari pendakian ini kita akan menemukan hutan lumut yang sangat sejuk dan eksotik di puncak Gunung Tanggamus.

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] malahayati.ac.id; March 2018 […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 8 =