Bartolomeo Cristofori; Penemu Piano

Bartolomeo Cristofori di Francesco (4 Mei 1655 – 27 Januari 1731) merupakan seorang komponis Italia dan orang pertama yang menemukan piano. Awalnya, Cristofori bekerja menciptakan instrumen harpsichord dan clavichord untuk Pangeran Ferdinando de Medici, anak dari adipati Tuscany. Instrumen ciptaannya tersebut bisa menjadi sebuah satu alat yang bernama piano.

Cristofori menimba ilmu dengan mengabdi pada seorang pembuat biola pada masa itu yaitu Nikolo Amati. Pada tahun 1688, Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici, seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany.

Ia kemudian matangkan konsep pianonya pada era 1690an dan pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori membuat alat musik yang kemudian dikenal dengan nama piano. Alat musik temuan Cristofori itu mempunyai nada 4 oktaf. Ternyata, konsep piano pada awalnya diciptakan tak hanya dari ide Cristofori. Banyak para pembuat instrumen musik berusaha untuk mencoba membuat alat dari tali harpsichord tersebut, namun pada akhirnya penemuan Cristofori dipertimbangkan menjadi sebuah piano dengan konsep termatang.

Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menggambarkan alat musik Cristofori itu sebagai Gravecembalo Col Piano El Forte yang berarti Harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras. Semula, alat musik itu disebut Pianoforte. Namun pada akhirnya lebih dikenal dengan nama piano.

Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di berbagai museum. Satu tersimpan di Metropolitan Museum of Art (Roma, Italia) buatan tahun 1720, Museo Strumenti Musicali (Roma, Italia buatan tahun 1722, dan satunya lagi di Musikinstrumenten-Museum of Leipzig University (Jerman) buatan tahun 1726.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =