Peringati Hari Gizi Dan Makanan Nasional Dengan Sadar Keseimbangan Gizi

25 Januari diperingari sebagai Hari Gizi dan Makanan Nasional, untuk itu ada baiknya kita sadar akan mengonsumsi makanan dan minuman dengna kandungan gizi yang seimbang bagi tubuh kita.

Gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan.

Sedangkan, gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

Gizi seimbang akan berlaku berbeda pada masing-masing orang berdasarkan pada golongan usia, status kesehatan dan juga aktivitas fisik. Pola makan berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang menekankan pada jenis makanan, proporsi makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Tak hanya itu, Pedoman Gizi Seimban juga menyarankan untuk memperhatikan aspek penting di luar makanan seperti kebersihan makanan, aktivitas fisik dan juga pola hidup sehat lainnya.

Sama sepeti slogan” 4 Sehat 5 sempurna” hanya saja susu tak lagi dipandang sebagai makanan sempurna. Belum lama ini susu dipandang sebagai makanan sempurna yang mampu menjadi jawaban akan masalah gizi. Namun kini, susu telah dibuktikan tak sesempurna yang dipandang selama ini. Karena Susu sebenarnya adalah salah satu sumber protein hewani yang juga bisa didapatkan melalui telur, ikan dan daging.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *