Air Terjun Curup Selampung dan Goa Misteriusnya

AIR terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Sama halnya dengan Air Terjun Curup Selampung. Air terjun ini terletak di Dusun Olak Nila, Desa Gunung Betuah, Kecamatan Abung Barat, Kabupaten Lampung Utara, Propinsi Lampung.

Air terjun Curup Selampung ini terdiri dari dua buah air terjun. Air terjun pertama yang mempunyai ketinggian sekitar 12 meter dan lebar penampang air sekitar 15 meter. Air terjun ini sangat dikeramatkan, pasalnya di dalam air terjun yang ditemukan oleh Almarhum pria yang bernama Selampung pada tahun 1973 lalu ini ditemukan Goa yang konon diyakini sebagai peninggalan Jepang saat perang kemerdekaan. Dan air terjun yang kedua memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan lebar penampang air sekitar 3 meter.

Masyarakat setempat percaya pada malam-malam tertentu, di sekitar air terjun terdengar suara seperti tentara yang sedang melakukan baris-berbaris. Selain itu banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini untuk berburu harta karun peninggalan Jepang.

Jika ingin pergi melihat air terjun Curup Selampung hendaknya terlebih dahulu mendatangi juru kunci setempat, dan meminta izin. Selain itu jika ingin mendekati air terjun harus berhati-hati, salah langkah akan masuk ke dalam Goa jepang yang kedalamnnya mencapai 7 meter. Dan berikut tips lainnya:

  1. Pantaulah cuaca saat akan berkunjung ke Air Terjun Curup Selampung, karena akan sangat menganggu liburan anda jika tiba-tiba turun hujan.
  2. Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran selama wisata anda.
  3. Bawalah barang-barang anda seperlunya. Karena jika terlalu banyak, akan memberatkan anda sendiri.
  4. Jika hari libur, biasanya pengunjung yang datang ke Air Terjun Curup Selampung sangat ramai. Jadi, ada baiknya datang di hari-hari biasa saja agar anda bisa bebas berwisata di air terjun ini.

|sumber: epictio.com, id.wikipedia.org, infolampung.com

sumber gambar: triptrus.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 15 =