Praktikum Teknik Mesin Universitas Malahayati di LIPI

FAKULTAS Teknik Jurusan Mesin angkatan 2014 mengadakan praktikum mengenai Metalurgi Fisik pada 26 Januari 2016 di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kegiatan yang dihadiri sekitar 15 Mahasiswa Teknik Mesin ini dibimbing oleh Tumpal Ojahan ST MT, dosen mata kuliah Metalurgi Fisik.

LIPI merupakan lembaga pemerintah non kementrian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementrian Negara Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KMNRT). Lipi tersebar di Indonesia, khususnya di Unit Pelaksana Teknis Balai Pengolahan Mineral yang berlokasi di Tanjung Bintang, Lampung.

Adapun susunan acara yakni Pembukaan dan sambutan dari Tumpal Ojahan ST MT serta perwakilan LIPI diwakilkan oleh Kepala Sub bagian Tata Usaha dan Kepala Seksi Jasa Informasi. Penandatanganan kerja sama tentang layanan jasa penggunaan sarana dan prasarana Lab sekaligus pembacaan aturan selama melakukan praktikum, dan menjalankan proses praktikum dengan membagi mejadi 3 kelompok praktikum.

Pembahasan materi yang dipraktikumkan yakni meliputi Pengujian Kekerasan Rockwell yang dijelaskan oleh Isti, Pengujian Komposisi Kimia yang dijelaskan oleh Nurbaiti, selaku Mahasiswi Konversi Teknik Lingkungan 2015 dan Analisis Struktur Mikro-Makro Menggunakan Inverted Metalurgycal Microskop oleh Fajar ST MT.

Terjalinnya kerjasama yang baik antar perguruan tinggi dengan institusi penelitian karena selama ini mungkin hanya teori yang dipelajari di dalam kampus, dengan adanya praktikum ini mahasiswa lebih memahami secara lansung karena berhubungan langsung dengan alatnya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *