Nurbaiti Marsas; Pemateri pada Praktikum Teknik Mesin di LIPI

FAKULTAS Teknik Jurusan Mesin angkatan 2014 mengadakan praktikum mengenai Metalurgi Fisik pada 26 Januari 2016 di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kegiatan yang dihadiri sekitar 15 Mahasiswa Teknik Mesin ini dibimbing oleh Tumpal Ojahan ST MT, dosen mata kuliah Metalurgi Fisik. Praktikum ini juga dibimbing oleh seorang mahasiswi Konversi Fakultas Teknik Jurusan Lingkungan angkatan 2015.

Nurbaiti Marsas atau yang akrab disapa Nur merupakan mahasiswi yang saat itu menduduki posisi  sebagai pelaksana teknis di LIPI. Ia pun ditunjuk sebagai pemateri Pengujian Komposisi Kimia menggunakan Spark-OES.

Alat Spark Optical Emission Spectroscopy (OES) di UPT BPML LIPI ada 3 Base yakni Fe Base, Cu Base dan Al Base. Uji kimia ini bertujuan untuk mengetahui komposisi kimia atau unsur dari suatu material.

“Perasaan senang dapat berbagi ilmu mengenai praktikum yang mahasiswa kerjakan. Saya berharap, dengan keseriusan ilmu ilmu yang ada di dalam praktikum dapat lebih dipahami dan bermanfaat, terutama bagaimana preparasi sample yang baik dan benar,” kata Nur.

Nur juga berharap peserta praktikum dapat memahami prinsip kerja alat uji Kekerasan Rockwell dan uji Komposisi Kimia serta yang cukup sulit adalah menginterpretasi gambar struktur mikro-makro pada material uji di Inverted Metalurgycal Microskop.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =