Mengintip Aktifitas Mahasiswa Teknik Mesin di Pelatihan Nasional

MAHASISWA, Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat. Komponen tujuan pendidikan tinggi ini, Terwujudnya Pengabdian kepada Masyarakat berbasis penalaran dan karya Penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Inilah yang kemudian membawa Rizal Nur Safii mahasiswa Universitas Malahayati 2013 mengikuti Pelatihan Kader Nasional pada 30 Januari 2016.

Pelatihan Kader Paripurna ini, di selenggarakan oleh Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah. Jauh sebelum menjadi mahasiswa, Rizal aktif sebagai aktivis pelajar dan inilah yang membawanya lulus seleksi Pelatihan Kader Nasional. Pertanyaannya, bagaimana dia mampu menjaga aktifitas akademik kampus dengan baik?

Menurutnya, kampus adalah wadah kodifikasi strata tingkat keilmuan. Yang berarti keilmuan itu didapat dari segala macam sumber. “Menjadi calon insinyur pun tak harus berkutak dengan keilmuan sainsnya, tau ilmu sosial dan humaniora misalnya dan tentunya cerdas dalam membagi kampus dan luar kampus” kata Rizal seusai materi Dr Busro Muqqodas M Hum, mantan Ketua KPK.

Pelatihan ini bertemakan Menyiapkan Kepemimpinan Nasional Menuju Indonesia Berkemajuan dan diikuti setiap provinsi melalui perwakilannya. Kegiatannya berlangsung dari 26 Januari – 1 Februari 2015 di STIKes Muhammadiyah Palembang, menghadirkan berbagai narasumber dan tokoh Nasional.

Dalam rangkaiannya terdapat Critical Insident, Ceramah interaktif, Focus Group Discussion, Bermain peran, Diskusi Pleno, Brain storming, Ice Breaker. Sampai rangkaian kegiatan ini selesai dalam satu minggu kedepan akan dicetuskan Rancang Bangun Aksi pada hari akhir.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *