James Watt; Penemu Mesin Uap

James Watt (Greenock, Skotlandia, 19 Januari 1736 – 19 Agustus 1819) adalah seorang insinyur besar dari Skotlandia, Britania Raya yang berhasil menciptakan mesin uap. Awalnya ia tertarik dengan mesin uap setelah memperhatikan mesin uap buatan Newcome yang masih memiliki kekurangan. Kemudian ia terus melakukan penelitian dan percobaan hingga  terciptalah mesin uap yang lebih efisien.

Jemes Watt membuka sebuah bengkel kecil yang dibantu oleh tiga temannya tiga orang professor yang ada di Universitas Glasgow. Setelah empat tahun mengoperasikan bengkelnya, ia tertarik untuk  melakukan percobaan dengan uap setelah temannya, Professor John Robison, membuat dia tertarik pada mesin tersebut.

Padahal watt tidak pernah mengoperasikan mesin uap. Namun iatetap tekad dan berkerja keras. Watt menemukan pentingnya energi panas yang ditimbulkan dan diserap oleh tiap-tiap obyek untuk mengerti lebih jauh tentang mesin. Kemudian pada tahun 1765, Watt berhasil membuat sebuah model mesin uap yang lebih efisien.

Penemuannya ini memicu revolusi industri, sebagai penghargaan atas jasanya nama Watt dijadikan sebagai satuan energi dengan symbol W oleh International System of Units.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *