Devi Oktarina bersama Natalina: Jurnal Penelitian Dosen Berjudul Penggunaan Cangkang Kelapa Sawit Untuk Bata Beton Ringan

PENELITIAN oleh kedua Dosen Fakultas Teknik Universitas yakni Devi Oktarina ST MT bersama Natalia ST MT. Penelitian yang berjudul Penggunaan Cangkang Kelapa Sawit Untuk Bata Beton Ringan.

Devi adalah Kaprodi Teknik Sipil di Universitas Malahayati. Perempuan ini adalah Sarjana Teknik Sipil di Universitas Malahayati tahun 2004 dan Magister Teknik Sipil di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada 2007. Dan Ia bergabung dengan Universitas Malahayati sejak 2008.

Natalina ST MT adalah salah satu dosen Fakultas Tenik, Jurusan Lingkungan. Dosen yang sekaligus alumni S1 Teknik Lingkungan di Universitas Malahayati. Sejak 2008 ia bergabung dan menjadi dosen di Universitas Malahayati.

Jurnal mereka membahas soal perkembangan industri minyak kelapa sawit menyebabkan meningkatnya limbah cangkang kelapa sawit yang merupakan salah satu limbah pengolahan minyak kelapa sawit yang cukup besar, yaitu mencapai 60% dari produksi minyak.

Limbah cangkang kelapa sawit dalam penelitian ini dimanfaatkan untuk campuran bata beton sebagai bahan bangunan berupa dinding dengan menggunakan beton ringan

Baca Selengkapnya:

PENELITIAN KOPERTIS 2-DEVI 2013 (1)

PENELITIAN KOPERTIS 2-DEVI 2013 (2)

 

1 reply
  1. tommy
    tommy says:

    maaf mau nanya artikel ini kira” benar atau tidak ya
    Semakin banyak kadar yang kita gunakan modulus elastisitas beton yang semakin kecil. Semakin besar abu sawit pada campuran beton maka jumlah panjang dan lebar retak pada pelat yang terjadi semakin berkurang. Pengurangan jumlah panjang dan lebar retak dikarenakan air yang diserap oleh abu sawit tersebut dapat membantu dan menjaga beton dari penguapan yang tinggi sehingga terhindar dari retak-retak rambut selama proses pengerasan dan perawatan pada beton.

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 5 =