Perlu Strategi Ulang Isu Lingkungan Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menghadiri Festival Iklim di Jakarta Convention Center, Jakarta,  Senin pagi (1/2). Festival Iklim terselenggara berkat kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Norwegia dan United Nation Development Programme (UNDP) Indonesia.

Bertajuk “Cegah Kenaikan 2 Derajat untuk Kesejahteraan Rakyat dan Generasi Mendatang”, Festival Iklim diisi dengan seminar, diskusi interaktif, pameran, pengendalian perubahan iklim serta berbagai kegiatan lainnya yang melibatkan 75 lembaga.

Acara ini menjadi wadah untuk menyampaikan poin-poin dalam Kesepakatan Paris kepada para pemangku kepentingan terkait perubahan iklim di Indonesia dan publik. Poin utama kesepakatan ini adalah upaya mitigasi dengan cara mengurangi emisi dengan cepat dalam rangka menjaga kenaikan temperatur global abad ini di bawah 2 derajat Celcius dan diupayakan ditekan hingga 1,5 derajat Celcius.

Sejak awal, Pemerintah Indonesia telah mempunyai komitmen dan berkontribusi besar pada upaya-upaya untuk menjaga kenaikan temperatur sekecil mungkin. Salah satu komitmen Indonesia adalah menurunkan emisi sebesar 29% di bawah business as usual pada tahun 2030 atau 41% dengan bantuan internasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Indonesia harus memegang peranan aktif dalam isu lingkungan. “Di masa lalu, isu lingkungan dipakai untuk menyudutkan Indonesia. Kita perlu perjuangkan isu yang relevan dan bermanfaat bagi Indonesia,” ujar Menko Darmin.

Saat ini, menurutnya, sudah saatnya menata ulang prioritas isu lingkungan yang ada. Hal ini dimaksudkan agar isu tersebut dapat juga mendukung Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi. “Kita harus menentukan agenda dan strategi sehingga isu lingkungan dapat berjalan beriringan dengan perekonomian Indonesia,” tegasnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi tinggi terhadap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas inisiasinya dalam penyelenggaraan Festival Iklim. Diharapkan kegiatan pekan iklim ini dapat meningkatkan peran aktif Indonesia baik di tingkat nasional dan global sehingga penurunan tingkat emisi dapat berjalan dengan baik.  | sumber: ekon.go.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + twenty =