Nikola Tesla; Penemu Motor

Nikola Tesla (lahir Kroasia, 10 Juli 1856 – meninggal di New York City, 7 Januari 1943) adalah seorang penemu, fisikawan, teknisi mekanika, dan teknisi listrik Amerika Serikat. Tesla merupakans eorang teknisi terbesar dalam akhir abad ke-19dan abad ke-20.

Tesla sudah menjadi salah satu mahasiswa di Universitas Teknologi Graz, Austria saat usianya sembilan tahun. Meskipun  ia mempelajari penggunaan arus listrik bolak-balik (AC) namun ia lebih tertarik pada listrik arus searah (DC),  hal itu pun memotivasi tesla untuk membuat motor listrik arus searah (DC) menjadi lebih efisien. Ia bahkan berhasil membuat konsep motor induksi.

Tesla bekerja sebagai teknisi di Contionental Edison Company, untuk membuat desain peralatan electrik yang dapat melintasi benua yang berasal dari ide Edison. Dari situ banyak pengetahuan yang ia ambil tentang motor induksi, bahkan ia juga melakukan beberapa pengembangan.

Anak keempat dari lima bersaudara ini meninggalkan perusahaan edison dan membuat perusahaan dengan nama Tesla Electric Light & Manufacturing yang bekerja sama dengan Robert Lane dan Benjamin Vale pada tahun 1886. Perusahaan ini memiliki desain  untuk dinamo komutator mesin listrik yang merupakan paten pertama yang dikeluarkan untuk Tesla di Amerika Serikat.

Pada akhir 1886 Tesla bertemu dengan seorang pengawas Western Union yaitu Alfred S. Brown dan seorang pengacara dari New York Charles F. Peck. Mereka mendirikan laboratorium untuk Tesla di 89 Liberty Street di Manhattan di mana dia bekerja pada penigkatkan dan pengembangkan jenis baru dari motor listrik, generator dan perangkat lainnya.

Salah satu karya tesla yang lahir dari Laboraturium ini adalah motor induksi yang berlari pada saat ini. Penemuan ini merupakan motor listrik yang inovati dan dipatenkan pada Mei 1888.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *