Nikolaus Otto; Penemu Mesin Empat Tak

Nikolaus August Otto (14 Juni 1832 – 28 Januari 1891) adalah seorang kebangsaan Jerman penemu mesin pembakaran dalam. Penemuan yang ia lakukan berdasarkan penemuan Etiene Lenoir berupa mesin 2 tak yang menggunakan bahan bakar gas. Otto memulai  percobaan dengan mesin gas sejak 1864.

Awalnya Pada tahun 1864 ia bekerja sebagai sales yang menjual teh, gula dan kopi. Karena ingin menekuni penemuannya Otto memutuskan berhenti dari pekerjaannya. Penemuan Etiene Lenoir terus dikembangkan oleh Otto hingga ia membuat model mesin baru yang bekerja atas dasar empat dorongan putaran dan sudah mulai membuat jenis mesin tersebut.

Ketertarikannya dengan mesin penemuannya ini membuatnya mendirikan Engine Manufacturing Company N.A & Otto, yang merupakan perusahaan atau pabrik pertama yang memproduksi mesin pembakar dalam di Jerman.

Setelah melewati masa-masa sulit, pada tahun 1872, Otto merekrut seorang enginner muda bernama Gottlieb Daimler. Gottlieb Daimler dikenal sebagai penemu Mobil pertama. Mereka bekerjasama dan mampu memajukan pabrik yang sudah dibangun oleh Otto.

Akhirnya otto mampu menciptakan model mesin 4 tak yang pertama dan mendapatkan hak patennya pada tahun 1878. Penemuan Otto mendapat respon yang baik, bahkan dalam waktu 10 tahun telah terjual lebih dari 30.000 mesin. Mesin Ciptaan Otto ini juga menjadi pelopor pembuatan mobil Gottlieb Daimer dan Karl Benz. | sumber: id.wikipedia.org

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *