Rene Laennec; Penemu Stetoskop Modern Pertama

René-Théophile-Marie-Hyacinthe Laennec adalah seorang dokter Perancis, penemu stetoskop. Kakeknya adalah wali kota Quimper antara tahun 1763-1765. Lahir di Quimper, 17 Februari 1781 dan meninggal di Ploaré, 13 Agustus 1826 pada umur 45 tahun. Ia menemukan stetoskop pada tahun 1816 saat bekerja di Rumah sakit Necker dan memelopori penggunaannya dalam mendiagnosis berbagai kondisi dada.

Stetoskop merupakan salah satu simbol yang paling dikenal dari profesi kesehatan, seperti perawat, dokter, maupun bidan. Stetoskop merupakan sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. Dia banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan, meskipun dia juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan “vein”.

Ia belajar kedokteran dengan sejumlah dokter terkenal, seperti Guillaume Dupuytren dan Jean-Nicolas Corvisart di Paris. De l’auscultation médiate (1819) mengusulkan suatu cara baru dalam diagnosis, menggunakan stetoskop untuk mendengarkan suara organ tubuh. Mendirikan anatomi klinik kedokteran, ia membandingkan gejala penyakit dengan lesi yang terdapat pada suatu penyakit. Ia mengklarifikasi dan mendiskusikan sejumlah penyakit, seperti rales, ronki, krepitans, egofoni, peritonitis, melanoma. Istilah sirosis Laennec berasal dari namanya.

stetoskop pertama pada tahun 1819

stetoskop pertama pada tahun 1819

stetoskop asli milik Rene, terbuat dari kayu dan kuningan

stetoskop asli milik Rene, terbuat dari kayu dan kuningan

Stethoskope modern

Stethoskope modern

Beberapa tahun sebelum kematiannya ia mewariskan stetoskop kepada keponakannya. Stetoskop binaural Modern (modern binaural stethoscope) dengan dua ujung yang ditempatkan di telinga diciptakan pada tahun 1851 oleh Arthur leared. George Cammann menyempurnakan desain instrumen untuk produksi komersial pada tahun 1852, yang telah menjadi standar sejak itu.

Ironisnya, Laennec meninggal akibat tuberkulosis, penyakit yang sedang ditelitinya.

|sumber naskah: id.wikipedia.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =