Adam Smith; Bapak Ekonomi Dunia

John Adam Smith (Skotlandia, 5 Juni 1723– Skotlandia, 17 Juli 1790) adalah pelopor ilmu ekonomi modern. Ia dikenal sebagai pelopor ilmu ekonomi kapitalisme pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19. Smith juga terkenal lewat karyanya berupa buku yang berjudul “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” (disingkat The Wealth of Nations).  Buku ini menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.

Kapitalisme atau Kapital adalah sistem ekonomi di mana perdagangan, industri dan alat-alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar. Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Smith masuk Universitas glasgow pada usia 13 tahun. Disini Smith mempelajari filosofi dan mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat. Pada tahun 1740 Smith mendapat anugrah Snell exhibition dan dapat memasuki Kampus Balliol,Oxford namun, ia meninggalkan universitas itu tahun 1746.

Smith ditunjuk sebagai komisioner untuk cukai di Skotlandia paha tahun 1778. Lima tahun kemudian ia menjadi salah satu pendiri Royal Society of Edinburgh. Karir nya memang melonjak pesat, Bahkan ditahun 1787 ia mendapat posisi kehormatan Lord Rektor Universitas Glasgow selama 2 tahun.

Beberapa karya ciptaan Smith menjadi awal untuk mempelajari bangkitnya industri dan perkembangan ekonomi di Eropa, yang merupakan kebangkitan dari ekonomi modern. Hal ini memberikan salah satu dorongan perkembangan  untuk perdagangan bebas dan kapitalisme, yang akan mempengaruhi secara luas ekonomi di dunia. Berikut beberapa karya besar ciptaam Smith:

  1. The Theory of Moral Sentiments (1759)
  2. An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (1776)
  3.  Essays on Philosophical Subjects (diterbitkan setelah 1795)
  4. Lectures on Jurisprudence (diterbitkan setelah 1976)

Smith meninggal karena sakit keras  di Edinburgh, Skotlandia pada 17 Juli 1790 diusianya ke 67, dan dimakamkan di Canogatw Kirkyard. Untuk mengenang jasanya dalam pemikiran teori ekonomi Kapitalis, Adam Smith diabadikan dalam uang £ 20 baru pada 13 Maret 2007. |sumber: id.wikipedia.org

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =