13 Februari, Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia diperingati setiap tanggal 13 Februari. Yang juga merupakan tanggal terbentuknya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (Pafi).  Pada 13 Februari 1946, Bpk. Zainal abidin diangkat Ketua PAFI pertama atas jasanya di Hotel Merdeka Jogyakarta.

Farmasi (bahasa Inggris: pharmacy, bahasa Yunani: pharmacon, yang berarti: obat) adalah bidang profesiona kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, dan bertanggungwab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.

Sedangkan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat Pafi adalah organisasi yang menghimpun tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK). Pembentukan PAFI didasari oleh suatu keinginan untuk membangun bangsa dengan memberikan dharma baktinya lewat keahlian yang dimiliki oleh ahli farmasi Indonesia dalam pembangunan kesehatan.

Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Hal ini disebabkan karena pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang mampu dijalankan, bahkan rintisannya harus dididik langsung di Negeri Belanda. PAFI sendiri merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia. |sumber: id.wikipedia.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *