Panorama Danau Way Jepara, Lampung Timur

WAY Jepara adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung Timur, Lampung, Indonesia. Way Jepara terkenal dengan kebun dan hutannya yang masih asri. Namun siapa sangka dibalik itu terdapat potensi alam yang menabjubkan bila dipandang mata. Yaitu sebuah danau, yang biasa disebut Dananu Way Jepara.

Danau ini terletak di Desa kecamatan Way Jepara kabupaten Lampung Timur yang jaraknya lebih kurang 70 kilometer dari Bandar Lampung atau 50 kilometer dari kota Sukadana dan 15 kilometer dari Taman Nasional Way Kambas. Rute yang bisa diambil yaitu Bandar Lampung-Natar-Metro-Pekalongan-Sukadana-Way Jepara.

Akses ke Danau Way Jepara yang paling direkomendasikan melalui jalan lintas tengah lalu ke arah metro, setelah sampai metro dilanjutkan perjalanan ke sukadana lalu ada lampu merah pertama di sukadana belok kanan lalu ikuti jalan sampai kota way jepara, dari kota way jepara sekita 1 kilometer sebelum ada penunjuk arah. Kondisi jalan cukup mulus, hanya agak sedikit curam dan menikung.

Tidak Ada biaya masuk ke lokasi ini, meski begitu Pemerintahan Kabupaten Lampung Timur tetap menjaga kondisi danau yang masih alami ini.Tumbuh-tumbuhan berumur di atas 10 tahun masih terlihat tegar dan kondisinya sangat sejuk dan bersih. Airnya terlihat biru kehijauan dan tenang. Danau sekitar 100 ha ini dikelilingi berbagai tumbuhan seperti pohon sonokeling dan jati.

Sepanjang jalan menuju danau terasa sejuk karena dikelilingi pepohonan. Tak hanya elok dipandang, danau ini menyimpan berbagai jenis ikan tawar seperti nila, betutu. Jadi, yang hobi memancing asyik banget liburan ke danau dengan kedalaman diperkirakan 80 meter itu.

Danau Way Jepara merupakan salah satu danau wisata yang memiliki panorama pemandangan alam yang indah. Danau ini memiliki nuansa alam yang masih asli dengan air danau yang jernih. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah bersantai, memancing, naik perahu dan petualangan alam. Fasilitas yang tersedia adalah tempat pemancingan dan perahu danau. Di kawasan ini merupakan salah satu pusat kegiatan perkemahan yang kerap digunakan, mengingat fasilitas sudah cukup lengkap, termasuk toko-toko yang menyediakan cinderamata, seperti ukiran gajah, anyaman bambu dan lain-lain.

|Dari berbagai sumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *