Putri Ayuni, Kusnadi, dan Hardini Ariningrum; Jurnal Pengaruh Self Assessment System Dan Ketepatan Pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Terhadap Tingkat Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Di KPP Pratama Kedaton Bandarlampung

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen. PPN termasuk jenis pajak tidak langsung, maksudnya pajak tersebut disetor oleh pihak lain (pedagang) yang bukan penanggung pajak atau dengan kata lain, penanggung pajak (konsumen akhir) tidak menyetorkan langsung pajak yang ia tanggung.

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan bagi negara, Oleh karena itu Oleh karena itu, pemerintah akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan penerimaan pajak. Namun, Pada umumnya wajib pajak ada kecenderungan untuk menghindarkan diri dari membayar pajak.

Hal itu yang menjadi dasar Putri Ayuni, Kusnadi, dan Hardini Ariningrum menulis jurnal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Self Assessment System dan ketepatan Pelaporan SPT berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap tingkat penerimaan PPN di KPP Pratama Kedaton Bandarlampung sehingga dapat memberikan informasi kepada KPP Pratama Kedaton yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan sistem yang berlaku.

Berikut selengkapnya

Putri Ayuni, Kusnadi, dan Hardini Ariningrum

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − eighteen =