Ini Sejarah Berdirinya Universitas Malahayati

UNIVERSITAS Malahayati merupakan Universitas Swasta yang didirikan oleh Yayasan Alih Teknologi Bandar Lampung pada tanggal 27 Agustus 1993 yang secara resmi menjadi hari jadi Universitas Malahayati. Malahayati mulai beroperasi setelah disahkan berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.02/D/0/1994 pada tanggal 28 Januari 1994. Pada mulanya Malahayati berkedudukan di Jalan Kartini Bandar Lampung sejak tahun 1994. Lalu pindah ke Jalan Pramuka Nomor 27 Bandar Lampung.

Awal berdirinya Malahayati terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Akademi Perawat. Lalu pada tahun 2002, barulah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) resmi berdiri. Pada tahun 2005 Program sarjana Ilmu Keperawatan dibuka, lalu pada tahun 2006 Program D-III dan D-IV Kebidanan dibuka. Pada tahun 2009, FKM membuka Program Studi Pasca Sarjana Magister Kesehatan. Pada tahun 2015 Fakultas Kedokteran membuka program studi seperti Psikologi dan Program sarjana Farmasi. Fakultas Hukum juga resmi disahkan pada 7 Desember 2015.

Nama Malahayati diambil dari nama seorang panglima perang wanita berasal dari Aceh, yaitu Laksamana Malahayati. Malahayati merupakan figur seorang wanita Aceh yang cerdas, memiliki semangat juang tinggi, berani, tegas, ulet, tangguh, dan bertanggung jawab, yang senantiasa dilandasi oleh sinar keimanan dan ketaqwaan sesuai dengan ajaran Islam. Atas keperwiraannya itu Laksamana Malahayati dianugrahi gelar sebagai Pahlawan Nasional. Untuk menghormati dan melanjutkan semangat juang Malahayati itu Perguruan Tinggi ini diberi nama Universitas Malahayati yang bertekat bulat untuk ikut serta secara nyata dalam pembangunan nasional bersama-sama. Seiring dan sejalan dengan perguruan tinggi lain yang lebih awal hadir di Provinsi Lampung.[]

|Sumber: Statuta Universitas Malahayati & wikipedia.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *