René Antoine Ferchault de Réaumur; Ilmuwan Perancis yang Memperkenalkan Skala Suhu Reamur

SKALA Réaumur adalah skala suhu yang dinamai menurut René Antoine Ferchault de Réaumur, yang pertama mengusulkannya pada 1731. Titik beku air adalah 0 derajat Réaumur, titik didih air 80 derajat. Jadi, satu derajat Réaumur sama dengan 1,25 derajat Celsius atau kelvin.

René Antoine Ferchault de Réaumur, lahir pada 28 Februari 1683 di La Rochelle, Perancis. Ia adalah ilmuwan Perancis yang memiliki kontribusi di berbagai bidang, khususnya bidang entomologi. Ia adalah ilmuwan yang memperkenalkan skala suhu Réaumur.

Réaumur lahir di keluarga terkemuka di La Rochelle dan dididik di Paris. Dia belajar filsafat di perguruan tinggi Yesuit di Poitiers, dan pada tahun 1699 pergi ke Bourges untuk belajar hukum sipil dan matematika di bawah biaya dari paman, kanon La Sainte-Chapelle. Pada 1703 ia datang ke Paris, di mana ia melanjutkan studi matematika dan fisika, dan di 1708, berusia dua puluh empat, dinominasikan oleh Pierre Varignon (yang mengajarinya matematika) dan terpilih sebagai anggota Académie des Sciences. Sejak saat itu selama hampir setengah abad hampir setahun berlalu di mana Memoires de l’Académie tidak mengandung setidaknya satu kertas dengan Réaumur.

Skala ini mulanya dibuat dengan alcohol, jadi termometer Réaumur yang dibuat dengan raksa sebenarnya bukan termometer Réaumur sejati. Réaumur mungkin memilih angka 80 karena dapat dibagi-dua sebanyak 4 kali dengan hasil bilangan bulat (40, 20, 10, 5), sedangkan 100 hanya dapat dibagi 2 kali dengan hasil bilangan bulat (50, 25).

Skala Réaumur digunakan secara luas di Eropa, terutama di Perancis dan Jerman, tapi kemudian digantikan oleh Celsius. Saat ini skala Réaumur jarang digunakan kecuali di industri permen dan keju.

René Antoine Ferchault de Réaumur meninggal pada 17 Oktober 1757 di Saint-Julien-du-Terroux, Perancis. |sumber: id.wikipedia.org dan sumber lainnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − ten =