Lord Kelvin; Penemu Skala Kelvin, Skala Mutlak dari Suhu

SKALA Kelvin (simbol: K) adalah skala suhu di mana nol absolut didefinisikan sebagai 0 K. Satuan untuk skala Kelvin adalah kelvin (lambang K), dan merupakan salah satu dari tujuh unit dasar Satuan Internasional (SI). Satuan kelvin didefinisikan oleh dua fakta: nol kelvin adalah nol absolut (ketika gerakan molekuler berhenti, dalam termodinamika), dan satu kelvin adalah pecahan 1/273,16 dari suhu termodinamik triple point air (0,01°C).

Pada skala Kelvin, tidak ada skala negatif karena titik beku air ditetapkan sebesar 273 K dan titik didih air ditetapkan sebesar 373 K. Hal ini berarti suhu 0 K sama dengan –273 °C. Suhu ini dikenal sebagai suhu nol mutlak. Para ilmuwan yakin bahwa pada suhu nol mutlak, molekul-molekul diam atau tidak bergerak. Dengan alasan inilah skala Kelvin sering digunakan untuk keperluan ilmiah.

Kelvin dinamakan berdasarkan seorang fisikawan dan matematikawan Britania, Lord Kelvin. Lahir pada 26 June 1824 dengan nama William Thomson di Belfast. Kelvin adalah orang pertama yang mengusulkan skala mutlak dari suhu. Studinya terhadap teori Carnot (teori tentang mesin ideal dengan efisiensi mendekati 100%) menuntunnya ke ide bahwa kalor tidak pernah berpindah secara spontan dari benda bersuhu rendah ke benda bersuhu tinggi, teori ini dikenal sebagai hukum kedua termodinamika.

Ayah William Thomson, James Thompson, adalah seorang guru matematika dan teknik di Royal Belfast Lembaga Academical dan anak seorang petani. James Thomson menikah Margaret Gardner pada tahun 1817 dan, dari anak-anak mereka, empat anak laki-laki dan dua anak perempuan. Margaret Thomson meninggal pada tahun 1830 ketika William berusia enam tahun.

Thomson memiliki masalah jantung dan hampir meninggal ketika ia berusia 9 tahun. Dia menghadiri Royal Belfast Academical Institution, di mana ayahnya adalah seorang profesor di departemen universitas, sebelum memulai belajar di Universitas Glasgow pada tahun 1834 pada usia 10 tahun.

Di Universitas Glasgow ia melakukan pekerjaan penting dalam analisis matematika listrik dan perumusan hukum pertama dan kedua termodinamika, dan berbuat banyak untuk menyatukan disiplin yang muncul dari fisika dalam bentuk modern.

Dia bekerja sama dengan profesor matematika Hugh Blackburn dalam karyanya. Dia juga memiliki karir sebagai seorang insinyur telegraf listrik dan penemu, yang mendorong dia ke mata publik dan memastikan kekayaannya, ketenaran dan kehormatan. Untuk karyanya pada proyek telegraf transatlantik ia gelar oleh Ratu Victoria, menjadi Sir William Thomson. Dia memiliki kepentingan maritim yang luas dan paling terkenal karena karyanya pada kompas pelaut, yang sebelumnya telah dibatasi dalam kehandalan.

Selalu aktif dalam penelitian dan pengembangan industri, ia direkrut sekitar 1899 oleh George Eastman untuk melayani sebagai wakil ketua dewan dari perusahaan Inggris Kodak Limited, berafiliasi dengan Eastman Kodak.

Lord Kelvin akhirnya meninggal pada 17 Desember 1907 pada usia 65 tahun.

|sumber: en.wikipedia.org dan sumber lainnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − fourteen =