Memanen Buah di Agrowisata Balai Benih Induk Hortikultura Pekalongan

Balai Benih Induk (BBI) Pekalongan Lampung Timur adalah kawasan yang berpotensi dalam pembangunan budi daya tanaman buah-buahan seperti rambutan, durian, jeruk, kelengkeng, dan mangga di Provinsi Lampung.

Agrowisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait (misal silo dan kandang) yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Agrowisata memiliki beragam variasi, seperti labirin jagung, wisata petik buah, memberi makan hewan ternak, hingga restoran di atas laut. Agrowisata merupakan salah satu potensi dalam pengembangan industri wisata di seluruh dunia.

Menuju wisata ini dari kota Metro maka anda cukup menuju arah pasar pekalongan kabupaten lampung timur kurang lebih 13 menit, dan jika anda dari arah kecamatan way jepara anda bisa mengunjungi tempat wisata BBI pekalongan ini dengan perjalanan kurang lebih 45 menit. Anda akan dikenai tarif Rp. 5.000 / kendaraan bermotor jika memasuki kawasan ini.

Di luar area sekitar Pasar Pekalongan juga terdapat sentra penjualan bibit buahan buahan yang cukup lengkap. Bila anda ingin menanam salah satunya dapat singgah di salah satu gerainya. disini juga dilakukan berbagai ujicoba termasuk kultur jaringan dilakukan untuk mendapatkan bibit buah buahan yang unggul.

Agrowisata yang berdiri di atas lahan seluas 64 hektar ini diresmikan oleh Kementerian Pertanian sebagai Balai Benih Induk Holtikulltura sejak tahun 2006. Sebanyak 50% dari lahan digunakan untuk penangkaran, dan 50% sisanya digunakan untuk produksi.

Sumber: .jitunews.com, pariwisatalampung.com

Sumber Foto: jitunews.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 6 =