James Dewey Watson; Penemu Struktur Molekul DNA

James Dewey Watson (Chicago, 6 April 1928) adalah seorang ilmuwan biologi molekul berkebangsaan Amerika Serikat yang dikenal terutama sebagai salah satu penemu struktur molekul DNA.

Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan singkatan DNA (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid), adalah sejenis biomolekul yang menyimpan dan menyandi instruksi-instruksi genetika setiap organisme dan banyak jenis virus. Instruksi-instruksi genetika ini berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi organisme dan virus.

James Dewey Watson sekolah di Horace Mann Grammar selam delapan tahun dan di South Shore High School selama dua tahun. Pada tahun 1943 James Dewey Watson menerima beasiswa kuliah di Universitas Chicago pada saat itu ia juga mulai melakukan eksperimen selama Empat tahun kuliah. Dari University of Chicago Watson menerima gelar B.A. dan terus menerima Ph.D. di Indiana University pada 1950.

James Dewey Watson bertemu dengan Francis Crick saat mereka berdua bekerja di Cavendish Laboratory di Cambridge University, Inggris, keduanya menemukan persamaan keinginan mereka dimana mereka ingin memcahkan struktur DNA.  Pada awal Maret 1953, mereka lebih didasarkan pada bukti eksperimental dan apresiasi yang lebih baik dari literatur asam nukleat, dan juga di tulis dalam proposal tentang kongfigurasi komplemen double-heliks.

Pada 1956 Watson pindah ke Harvard di Bagian Biolog, disini ia mempelajari RNA. Sejak 1968 ia menjadi direktur Cold Spring Harbor Laboratory di Long Island, New York. Ia telah membantu membuat lembaga ini menjadi pusat penelitian genetika molekuler dan kanker, di antara topik lainnya. Watson menjalankan Human Genome Project di NIH dari 1988 hingga 1992.

Watson menerima Hadiah Nobel Kedokteran bersama Francis Crick danMaurice Wilkins pada tahun 1962 atas penemuan struktur molekul asam nukleat dan artinya untuk perpindahan informasi. |sumber: id.wikipedia.org

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + sixteen =