Sejarah dan Perkembangan Teknik Mesin di Dunia

TEKNIK Mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmumekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energi.

Ahli atau pakar dari teknik mesin biasanya disebut sebagai insinyur (teknik mesin), yang memanfaatkan pengertian atas ilmu teknik ini dalam mendesain dan menganalisis pembuatan kendaraan, pesawat, pabrik industri, peralatan dan mesin industri dan lain sebagainya.

Aplikasi ilmu mekanika ditemukan dalam catatan masyarakat kuno dan abad pertengahan di seluruh dunia. Di Yunani kuno, karya-karya Archimedes (287 SM-212 SM) sangat dipengaruhi mekanika dalam tradisi Barat dan Heron dari Alexandria (c. 10-70 M) menciptakan mesin uap pertama. Di Cina, Zhang Heng (78. -139 M) merombak jam air dan menemukan seismometer, dan Ma Jun (200-265 M) menciptakan sebuah kereta dengan roda gigi diferensial.

Para horologist Cina abad pertengahan dan insinyur Su Song (1020-1101 M) dimasukkan sebuah mekanisme pelarian di menara jam astronomi dua abad sebelum rilis apapun dapat ditemukan pada jam abad pertengahan di Eropa, dan dunia mengetahui rantai transmisi listrik dengan daya tak berujung pertama.

Selama tahun dari 7 sampai abad ke-15, zaman yang disebut Zaman Keemasan Islam, tercatat kontribusi yang luar biasa dari penemu muslim di bidang teknologi mekanik. Al-Jazari, yang menulis Kitab yang terkenal “Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices” pada tahun 1206, dan membuat banyak desain mekanik.

Dia juga dianggap sebagai penemu perangkat mekanis seperti yang sekarang membentuk mekanisme yang sangat dasar, seperti crankshaft dan camshaft. Al-Jaziri juga disebut sebagai pencetus ilmu robotika dengan membuat perahu yang bergerak otomatis dengan memanfaatkan mekanisme pergerakan fluida.

Terobosan penting dalam dasar-dasar ilmu teknik mesin terjadi di Inggris selama abad ke-17 ketika Sir Isaac Newton merumuskan hukum baik tiga Hukum Newton tentang gerak dan Kalkulus yang dikembangkan. Pada awalnya, Newton enggan untuk mempublikasikan metode dan hukum-hukumnya selama bertahun-tahun, tapi ia akhirnya dibujuk oleh rekan-rekannya, seperti Sir Edmund Halley. Penemuan Newton merupakan penemuan besar dan memberikan banyak manfaat bagi seluruh umat manusia bahkan penemuannya masih relevan untuk diaplikasikan pada saat ini.

Selama awal abad ke 19 di Inggris, Jerman dan Skotlandia, perkembangan peralatan mesin membuat ilmu teknik mesin untuk berkembang sebagai bidang yang terpisah dari ilmu keteknikan atau rekayasa, penyediaan mesin-mesin manufaktur dan engine-engine membantu perkembangan tersebut. Lembaga masyarakat profesional insinyur teknik mesin pertama Inggris dibentuk pada tahun 1847 bernama Institutions of Mechanical Engineers, tiga puluh tahun setelah para insinyur sipil membentuk lembaga masyarakat pertama bernama Institutions of Civil Engineers. Di benua Eropa., Johann Von Zimmermann (1820-1901) mendirikan pabrik pertama untuk mesin penggilingan diChemnitz (Jerman) pada tahun 1848.

Di Amerika Serikat, American Society of Mechanical Engineers (ASME) dibentuk pada tahun 1880 dan menjadi organisasi profesional teknik ketiga setelah American Society of Civil Engineers (1852) danAmerican Institute of Mining Engineers (1871). Sekolah pertama di Amerika Serikat yang menawarkan pendidikan teknik adalah Akademi Militer Amerika Serikat pada 1817, lembaga yang sekarang dikenal sebagai Norwich University di tahun 1819, dan Rensselaer Polytechnic Institute di 1825. Pendidikan di teknik mesin secara historis didasarkan pada fondasi yang kuat dalam matematika dan ilmu pengetahuan.

Teknik mesin mulai berkembang sebagai suatu ilmu setelah adanya revolusi industri di Eropa pada abad ke-18. Kemudian pada abad ke-19 semakin berkembang lagi mengikuti perkembangan ilmu fisika. Ilmu teknik mesin pun semakin canggih, dan para insinyurnya sekarang mengembangkan diri di bagian komposit, mekatronika, dan nanoteknologi. Ilmu ini juga mempunyai hubungan dengan teknik penerbangan, teknik sipil, teknik listrik, teknik perminyakan, dan teknik kimia.

|Sumber: id.wikipedia.org dan dikutip dari berbagai sumber

3 replies
  1. M Ridwan Adi P
    M Ridwan Adi P says:

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Teknik, menurut saya bidang studi teknik merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia teknik.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang teknik yang bisa anda kunjungi di Lembaga Teknik Sipil

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 18 =