Marlina, Indah Lia Puspita, dan Eka Sariningsih; Jurnal Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Resiko Terjadinya Kecurangan (Fraud) Dalam Pengadaan Obat-Obatan Di Instalasi Farmasi Dan Distribusi Obat-Obatan Kepada Pasien (Study Kasus Pada Rumah Sakit Pertamina-Bintang Amin Bandar Lampung)

RUMAH sakit merupakan salah satu jaringan pelayanan kesehatan yang penting. Kegiatan utama sebuah rumah sakit adalah memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada pasien. Salah satu pelayanan yang harus mendapat perhatian lebih dari sebuah rumah sakit adalah persediaan obat bagi semua pasien.

Persediaan obat dalam suatu rumah sakit memiliki arti yang sangat penting karena persediaan obat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan suatu rumah sakit. Oleh karena itu, perlakuan akuntansi persediaan obat yang baik harus diterapkan oleh pihak rumah sakit untuk membantu kelancaran dalam kegiatan operasionalnya. Pengendalian intern yang baik memungkinkan manajemen siap menghadapi perubahan ekonomi yang cepat, persaingan, pergeseran permintaan pelanggan dan fraud serta restrukturisasi untuk kemajuan yang akan datang.

Hal itu yang menjadi dasar Marlina, Indah Lia Puspita, dan Eka Sariningsih melakukan sebuah penelitian yang tertuang dalam jurnal dengan judul “Penerapan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Resiko Terjadinya Kecurangan (Fraud) Dalam Pengadaan Obat-Obatan Di Instalasi Farmasi Dan Distribusi Obat-Obatan Kepada Pasien (Study Kasus Pada Rumah Sakit Pertamina-Bintang Amin Bandar Lampung)“.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah sistem pengendalian intern yang diterapkan oleh Rumah Sakit Pertamina-Bintang Amin telah dilaksanakan berdasarkan teori-teori.

Baca selengkapnya:

Marlina, Indah Lia Puspita, dan Eka Sariningsih

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *