Pulau Kelagian Kecil; Pulau Berpasir Putih yang Menawan

JAMBRUD Khatulistiwa, begitulah masyarakat dunia memandang Indonesia. Sebuah negeri yang keindahannya bagai jamrud yang terletak di sabuk bumi, Sang Khatulistiwa. Setiap provinsi di Indonesia mempunyai keindahannya tersendiri, tak terkecuali Lampung, sebuah negeri dengan dua suku, Sai Bumi Ruwa Jurai. Lampung terletak di bagian paling selatan dari Pulau Sumatera, salah satu dari 5 pulau besar di Indonesia. Lampung terkenal dengan kopi dan ladanya serta keindahan alam yang tak ada habisnya. Mulai dari pegunungan, laut, air terjun dan berbagai keindahan lainnya bisa Anda temukan di Lampung.

Ada banyak spot wisata di Lampung ini, salah satunya pulau kelagian kecil. Pulau kelagian kecil adalah pulau kecil berpasir putih, yang menjadi primadona ketika liburan, selain pulau pahawang yang berada tak jauh dari pulau ini.

Pulau kelagian kecil memiliki jarak yang cukup dekat dari kota Bandar Lampung. Untuk mencapainya kalian harus terlebih dahulu menuju Pelabuhan Ketapang, Lampung yang dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Bandar Lampung. Dari dermaga ini kalian dapat menyewa boat untuk langsung menuju Pulau Kelagian Kecil yang jaraknya hanya sekitar 20 menit mengunakan boat.

Pulau kelagian kecil ini biasanya masuk dalam daftar pulau yang dikunjungi dalam paket perjalanan atau paket Open Trip ke pulau pahawang dan sekitarnya. Dengan tarif antara 200-300 ribu pulang pergi yang akan diantar menuju pulau dan kemudian dijemput kembali setelah kita puas bermain-main di pulau. Bagi yang suka snorkeling, mereka menyediakan perahu dengan tarif sedikit lebih mahal sekitar 300-400 ribu seharian dan diantar ke beberapa spot menarik diseputar gugusan pulau-pulau tersebut. Yang tidak membawa perlengkapannya pun bisa menyewa dengan biaya sebesar Rp. 50.000.

Pulau kelagian kecil menjadi salah satu pulau yang wajib dikunjungi di Lampung, karena memiliki keindahan alam pantai yang sangat menakjubkan. Pasirnya yang berwarna putih, halus seperti terigu serta warna perairan laut yang biru membuat siapapun jatuh hati padanya. Landscape yang disuguhkan semakin sempurna dengan bukit serta keberadaan pulau-pulau tak berpenghuni yang mengelilinginya.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau kelagian kecil, kegiatan yang paling populer adalah snorkeling, memancing atau sekedar berjemur di tepi pantai. Sesuai dengan namanya, pulau ini memang terbagi menjadi dua, yakni Pulau kelagian kecil dan pulau kelagian besar. Namun banyak wisatawan yang lebih memilih untuk berkunjung ke kelagian kecil karena tekstur keindahan alamnya yang lebih indah dan lebih tenang.

Spot snorkeling di pulau kelagian kecil juga memiliki karang yang sangat indah serta terdapat berbagai jenis ikan yang tinggal, sehingga dapat memanjakan mata kalian. Air yang masih sangat jernih membuat kegiatan berenang atau snorkeling di pulau ini menjadi sangat menyenangkan.

Dikarenakan pulau ini tak berpenghuni, bagi kalian yang ingin bermalam sebaiknya membawa tenda serta perbekalan yang cukup. Untuk mendirikan tenda kalian harus membayar biaya, namun harganya masih sangat terjangkau.

Tips Berkunjung Ke Pulau Kelagian Kecil

  • Bawa dan pakailah sunblock, karena panas matahari akan begitu menyengat disini.
  • Tidak ada yang berjualan di Pulau kelagian Kecil, jadi sebaiknya kalian membawa bekal sendiri jika ingin makan siang disini.
  • Tidak ada penginapan di Pulau Kelagian Kecil. Jika kalian ingin bermalam di pulau ini, sebaiknya membawa tenda. Karena pulaunya sendiri begitu sepi, jadi akan sangat menyenangkan untuk memasang tenda dan bermalam disini.
  • Hanya ada satu kamar mandi untuk berganti pakaian, namun tidak ada air didalamnya. Perhitungkan untuk membawa air bersih dalam jumlah yang cukup, jika ingin berlama-lama di Pulau Kelagian Kecil ini.
  • Bawa alat Snorkeling jika kalian ingin mencoba snorkeling di sekeliling pulau.

|sumber: liburmulu.com dan dikutip dari berbagai sumber |foto: dananwahyu.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + nine =