Tingkatkan Kepedulian Lingkungan di Hari Peduli Sampah Nasional

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

Pada tanggal 21 Februari 2005 di Tempat pembuangan akhir (TPA) Leuwigajah, Jawa Barat telah terjadi longsong sampah. TPA sampah Leuwigajah longsor dan mengubur 143 orang tewas seketika. Sekitar 137 rumah di Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung dan dua rumah di Desa Leuwigajah, Cimahi, Provinsi Jawa Barat juga tertimbun longsoran sampah dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Sebelum hal tersebut terjadi kembali, ada baiknya kita mencegah dengan melakukan gerakan 3R yaitu Reuce, Reduce, Recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce artinya kamu mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. Recycle artinya kamu mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Marilah kita mulai lebih peduli lagi dengan lingkungan yang berada di sekitar kita. Dimulai dari hal yang kecil, seperti tidak membuang sampah sembarangan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *