Evangelista Torricelli; Penemu Barometer

Evangelista Torricelli (lahir 15 Oktober 1608 – meninggal 25 Oktober 1647 pada umur 39 tahun) adalah seorang fisikawan Italia kelahiran Faenza dan belajar di Sapienza College Roma.  Pada tahun 1643 ia menetapkan tentang tekanan atmosfer dan menemukan alat untuk mengukurnya, yaitu barometer.

Pada tahun 1643, Torricelli melakukan eksperimen sederhana yang disebut Torricelli Experiment. Dalam eksperimen tersebut ia menggunakan sebuah tabung kaca kuat yang panjangnya sekitar 1 m, salah satu ujung tabung di tutup dengan sarung dan dihadapkan ke atas. Eksperimen tersebut di lakukan berdasarkan atas saran Galileo sebelum ia meninggal.

Dalam tabung eksperimennya tersebut ia isi dengan air raksa hingga penuh lalu di tutup dengan jempol tangannya. Lalu ia membalik tabung tersebut dan menarik jempolnya dari ujung tabung serta memasukkan ke dalam sebuah bejana yang telah diisi air raksa. Dalam pengamatannya pada tabung tersebut timbul ruang hampa udara. Lalu ia mengukur tinggi air raksa dalam bejana yang tingginya hanya 76 cm.

Akhirnya ia menegtahui bila tinggi air raksa yang selalu berubah-ubah disebabkan karena tekanan udara. Tekanan air raksa yang tingginya 76 cm tersebut kemudian di sebut sebagai tekanan satu atmosfer.

Pada tahun 1644 Torricelli menemukan barometer air raksa pertama. Ia kemudian mengirimkan sebuah surat yang berisi tentang penemuannya tersebut kepada Michelango Ricci yang berada di Roma.

Barometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara. Barometer umum digunakan dalam peramalan cuaca, di mana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang “bersahabat”, sedangkan tekanan udara rendah menandakan kemungkinan badai.

Torricelli juga telah menemukan Hukum Torricelli, yaitu hukum tentang kecepatan cairan yang keluar serta mengalir dari celah dengan ketinggian yang berbeda-beda. |sumber : id.wikipedia.com, penemu.co

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =