Pantai Kuala Kambas; Pantai Unik di Batas Timur Taman Nasional Way Kambas

TAMAN Nasional Way Kambas di sebelah timur memiliki batas berupa pantai sepanjang 75 km. Salah satu pantai yang memiliki panorama indah dan layak dikunjungi adalah Pantai Kuala Kambas.

Salah satu yang khas yang membuat pantai ini menjadi unik, di bagian sisinya terdapat tegakan cemara laut, ketapang dan beberapa jenis vegetasi lain, yang memberi nuansa hijau. Selain panoramanya, di Kuala Kambas kita juga dapat mengamati aktivitas nelayan.

Lokasi ini dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu jalur dalam dan jalur luar. Jalur Dalam, yakni dengan menyusuri sungai Way Kanan dari Pos Way kanan, dengan jarak tempuh sekitar 60 menit menggunakan perahu. Di sepanjang sungai, wisatawan akan dapat menikmati suasana ekosistem sungai dan hutan, dan menjumpai aneka satwa yang tinggal di sana, seperti aneka burung dan primata. Sedangkan Jalur Luar, yakni melalui Kuala Penet, menggunakan perahu atau speedboat, dengan waktu tempuh juga sekitar 60 menit.

Fasilitas yang tersedia di Kuala Kambas saat ini masih perlu ditingkatkan, bagi pengunjung perlu mempersiapkan bekal dari pemberangkatan untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan lokasi lain yang dapat dijadikan alternatif, antara lain wako dan kuala sekapuk, Tegal yaso, Penanggungan, Rasau dan Cabang.

|Dikutip dari berbagai sumber

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − two =