Henri Becquerel; Penemu Radioaktif

ANTOINE Henri Becquerel (Paris, 15 Desember 1852– Le Croisic, 25 Agustus 1908) adalah salah seorang fisikawan asal Perancis yang menemukan radioaktivitas. Ia terlahir dari keluarga yang menelurkan 4 generasi ilmuwan.

Radioaktif adalah zat yang mengandung inti yang tidak stabil. Pada tahun 1903, Ernest Rutherford mengemukakan bahwa radiasi yang dipancarkan zat radioaktif dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan muatannya. Radiasi yang bermuatan positif disebut sinar alfa, sedangkan yang bermuatan negatif disebut sinar beta.

Becquerel belajar ilmu pengetahuan alam di École Polytechnique dan teknik di École des Ponts et Chaussées. Pada tahun 1892 dia jadi gurubesar fisika praktis di Musium Sejarah Alam (Musee d’ Histoire Naturelle) di Paris. Tiga tahun setelah itu, Becquerel menjadi guru besar fisika di Perguruan Tinggi Politeknik (Ecole Polytechnique) di Paris.

Pada tahun 1896, Becquerel tanpa sengaja menemukan radioaktivitas ketika mengamati fosforesensi garam uranium, penemuan Wilhelm Rontgen. Rontgen menggunakan tabung katoda sinar untuk memproduksi sinar X. Becquerel berpikir apakah sinar X tidak bisa diproduksi dengan kegiatan sinar matahari biasa di atas substansi non-metal. Secara kebetulan, Becquerel menemukan bahwa campuran uranium akan memasukkan radiasi meskipun tidak disodorkan kepada cahaya yang terbuka.

Becquerel juga menemukan untuk pertama kali bahwa jenis baru radiasi ini akan diteruskan oleh tiap-tiap kimiawi uranium. Karena radiasi tidak tergantung samasekali pada bentuk kimiawi uranium, Becquerel menyadari bahwa radio aktivitas bukanlah berasal dari kimiawi, tetapi harus dari atom uranium itu sendiri.

Becquerel juga menerbitkan kertas kerja ilmiah tentang fenomena yang ditemukannya Pada tahun 1896. Selanjutnya, pada tahun 1903, ia menerima Nobel Fisika dengan Pierre dan Marie Curie dalam pengakuan jasa luar biasa yang telah dilakukannya dengan penemuan radioaktivitas spontan. |sumber: id.wikipedia.org, dan sumber lainnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 5 =