Apasih Tugas Pokok Dekan Sebagai Pemimpin Universitas?

FAKULTAS berasal bahasa Belanda, faculteit, yaitu bagian administratif pada sebuah Universitas. Namun Fakultas biasa diartikan sebagai sebuah divisi dalam sebuah Universitas yang terdiri dari suatu area subyek, atau sejumlah bidang studi terkait. Sebuah Fakultas dipimpin oleh Dekan sebagai penanggung jawab utama jalannya roda kehidupan fakultas.

Selain itu, Dekan juga bertugas mengatur penyelenggaraan pendidikan, memberikan pengarahan dan melaksanaakan kebijakan umum serta menetapkan peraturan, norma, dan tolak ukur untuk melaksanakan kebijakan umum serta menetapkan peraturan, norma dan tolak ukur untuk melaksanakan pendidikan tinggi di Fakultas berdasarkan keputusan senat Fakultas.

Di Universitas Malahayati Dekan bertanggung jawab langsung kepada rektor atas pekerjaannya. Biasanya ia dibantu oleh Wakil Dekan dalam memimpin penyelenggaraan pendidikan, pelaksanaan kegiatan di bidang pembinaan dan pelayanan kesejahteraan mahasiswa dan alumni. Namun bila dianggap perlu, Dekan dapat mengusulkan penambahan calon Wakil Dekan lain kepada Rektor.

Wakil Dekan yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan bertugas sebagai pelaksana harian Dekan apabila Dekan berhalangan tidak tetap. Dan bila Dekan tidak dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara tetap sebagai Dekan, maka Badan penyelenggara dapat mengangkat pejabat Dekan yang baru.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + three =