Hans Berger; Penemu Elektroensefalogram

Hans Berger (21 Mei 1873 – 1 Juni 1941) adalah seorang psikiater Jerman, dikenal sebagai penemu electroencephalography ( EEG ) atau rekaman gelombang otak pada tahun 1924. Dan penemu ritme gelombang alpha yang dikenal sebagai “gelombang Berger”.

Electroencephalogram adalah sebuah alat yang mampu memvisualisasikan gelombang otak manusia ke dalam bentuk grafik. Gelombang otak ini diukur berdasarkan beda pontensial yang terjadi secara berulang-ulang di antara elektroda yang dihubungkan ke kepala manusia.

Hans Berger lulus Gymnasium di Coburg. Kemudian pada tahun 1892 dia mendaftar di Universitas Berlin sebagai mahasiswa Astronomi. Pada tahun 1897, dia mendapat gelar dokter dan menjadi staf junior dari klinik psikiater. Pada tahun 1901, Berger menjadi dosen dan mulai memublikasikanpenelitiannya mengenai fungsi otak manusia dan catatan ukurannya berdasarkan modifikasi peredaran darah.

Berger melakukan penelitian mengenai hubungan antara otak dan jiwa. Dari hasil penelitiannya ia menyimpulkan impulan bahwa di dalam otak manusia terdapat gelombang otak. Berkat kegigihannya ia pada tanggal 6 Juli tahun 1924 ia berhasil menemukan sebuah alat yang dapat mencatat gelombang otak alat tersebut dinamai Electroencephalogram (EEG). Dalam melakukan penelitian, dia menaruh elektroda di bagian depan kepala dan di bagian belakang kepala.

Pada tahun 1929, Berger memublikasikan hasil penelitiannya dalam suatu forum prestisius Archiv für Psychiatrie und Nervenkrankheiten, dan judul ”Über das Elektrenkephalogramm des Menschen”. |sumber: en.wikipedia.org dan sumber lainnya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 9 =