Mahasiswa Tingkat Akhir Akademi Keperawatan Malahayati Jalani PKMD

MAHASISWA Akademi Keperawatan Malahayati jalani kegiatan Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD). Kegiatan ini berlangsung selama dua puluh satu hari, terhitung sejak 9 Februari hingga 29 Februari 2016. Sekitar 30 mahasiswa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

PKMD adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang pelaksanaannya didasarkan melalui sistem pelayanan puskesmas, dimana dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan oleh lembaga ini diikutsertakan anggota-anggota masyarakat di Pedusunan melalui segala pengarahan untuk menimbulkan kesadaran secara aktif di dalam ikut membantu memecahkan dan mengembangkan usaha-usaha kesehatan di Desanya. PKMD ini juga merupakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang biasanya dilakukan oleh mahasiswa kesehatan tingkat akhir.

“Tujuan dari kegiatan ini sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Amd Kep, karena ini state yang harus dipenuhi, selain itu kegiatan ini juga berguna untuk membantu membina masyarakat desa dalam bidang kesehatan, terutama untuk memelihara kesehatan dan mencegah terjadinya penularan suatu penyakit,” kata Dani Prasetyo kepada malahayati.ac.id via pesan elektronik pada Senin, 29 Februari 2016.

PKMD ini dibagi menjadi dua kelompok, yang terdiri dari empat belas mahasiswa perkelompok. Kegiatan ini dilakukan di RT 08 dan RT 10 Dusun Sinar Harapan, Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa Lampung.

“Untuk kegiatannya kita adakan berbagai penyuluhan kesehatan dan pemberantasan sarang nyamuk serta perlombaan di sekolah dasar setempat,” kata Dani menambahkan.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *