Pesan Rektor Kadafi Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

GEDUNG Graha Bintang Unimal Malahayati ( unimal) kembali menjadi saksi diwisudanya 721 Wisudawan Sabtu maret 2016. Agenda Wisuda hari ini merupakan prosesi wisuda periode ke-18 Universitas malahayati dari empat fakultas dan satu akademi yang ada.

Rektor Universitas Malahayati, Dr Muhammad kadafi SH MH dalam sambutannya mengatakan, wisuda bukan merupakan akhir dari sebuah proses belajar, alumni Universitas malahayati harus mengaplikasikan ilmunya dalam masyarakat dan siap bersaing dalam Era Global.

“Kita sama-sama mengetahui kini kita masuk kemasa yang disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” pesannya dihadapan para wisudawan dan wisudawati universitas malahayati.

Kadafi berpesan, yang dikutip dari kalimat Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Profesor Mohammad Nasir. “Pendidikan tinggi wajib dikelola dengan baik, karena tantangan Indonesia ke depan sangat tinggi,” ungkap kadafi.

Indonesia diharapkan menjadi kunci kemajuan negara-negara lain tidak hanya di sekitar ASEAN tetapi juga mengikat ke level Asia.Dengan tantangan itu maka lulusan Perguruan Tinggi diharapkan sangat baik.

“Jagalah budaya figuran kita jangan sampai terhapus setelah MEA. Sistim gotong royong adalah budaya yang sudah menjadi darah daging bagi masyarakat Indonesia untuk meraih kemerdekaan 1945″

Pada kegiatan wisudalperiode kali ini, MEA memberi peluang yang cukup besar kepada para alumni untuk mengagali dan mencari celah pintu masuk ke era global ini. MEA tidak membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya. Ini berkaitan dengan upaya meningkatkan daya saing ASEAN.

” Disini perlu saya sampaikan juga bahwa, Pergaulan profesinal yang tak terhalang batas-batas negara ini jangan sampai kita kehilangan jati diri sebagai sosok dari bangsa indonesia.”[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *