8 Maret, Hari Perempuan Internasional

8 Maret, diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Hari besar ini dirayakan untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial.  Perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20. Saat itu timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja.di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi.

Hari besar ini juga memperingati peristiwa kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.  Pada 8 Maret 1857 di New York City Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes. Mereka memprotes kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Dua tahun kemudian  Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh.

Pada tahun 1975, Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB) mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional. Hari Perempuan Internasional diperingati diseluruh dunia. Di Barat, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an.

|sumber: id.wikipedia.org
|sumber foto: suaramerdeka.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *