Pendapat Ustd Endri Mengenai Gerhana Matahari 9 Maret 2016

GERHANA Matahari yang akan terjadi pada hari ini 9 Maret  2016, diharapkan untuk melakukan shalat sunnah gerhana, berdzikir kepada ALLAH SWT dan duduklah bersama orang orang yang beriman.

“Gerhana matahari merupakan bukti tanda tanda kekuasaan allah, agar manusia menjadi lebih dekat dengan allah. Ketika gerhana datang, Sunnah Rasul mengajarkan kita untuk memperbanyak berdzikir, istigfar, bersodaqoh dan menjalani shalat sunnah gerhana,” kata Ustd H Endri Saprijal S Ag MH, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.

Keistimewaan shalat shalat gerhana ini ialah merasakan keagungan Allah, menjauhi diri dari kesyirikan, sarana mendekatkan diri kepada Allah, menunjukan betapa kecilnya diri kita dan menumbuhkan rasa ketergantungan kepada Allah.

“Semoga dengan datangnya gerhana ini, semakin tumbuh dan terbangunnya kesadaran beragama serta upaya menghidupkan sunnah dalam kehidupan, sehingga hidup berkah. Aamiin,” tambahnya.

Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Gerhana Matahari :
  • Yang Pertama : Shalat 2 raka’at sebagaimana shalat biasanya, boleh kita melaksanakannya sendiri-sendiri, atau mungkin lebih utama jika kita melaksanakannya secara berjama’ah
  • Yang Kedua : Shalat 2 raka’at dengan 4 kali rukuk, dan juga 4 kali sujud, yaitu pada raka’at pertama (sesudah rukuk dan i’tidal) kita membaca surat Al-Fatihah lagi, selanjutnya kita terus melakukan rukuk sekali lagi dan i’tidal, kemudian kita terus sujud selanjutnya sebagaimana biasa. Dan pada raka’at kedua juga kita lakukan seperti halnya pada raka’at yang pertama. Jadi dengan demikian shalat Gerhana tersebut seluruhnya berjumlah 4 rukuk, 4 fatihah dan 4 sujud.

Apabila shalat Gerhana Matahari tersebut dilaksanakan seperti shalat biasanya yakni 2 raka’at dengan 2 rukuk, maka hal itu tidak menjadi halangan juga (cukup sah pula).

Berikut bacaan Niat Shalat Gerhana Matahari:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِكُسُوْفِ الشَّمسِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

{” Ushallii Sunnatal Kusuufis-Syamsi Rak’ataini Lillahi Ta’alaa “}

Artinya : {” Aku niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Matahari dua rakaat karena Allah ta’ala “}.[]