Diah Ayu Wulandari Sulistyaningrum: Banyak Peluang Dalam Prospek Kerja Teknik Lingkungan

MENGENAKAN pakaian batik berwarna biru, dosen ini terlihat cantik. Diah Ayu Wulandari Sulistyaningrum S.T M.Si begitu namanya. Ibu dari satu anak ini memiliki hobby traveling bersama anaknya yang baru berumur 8 tahun.

Wanita yang akrab disapa Diah ini merupakan lulusan S1 teknik lingkungan di Universitas Diponegoro dan melanjutkan S2 ilmu lingkungan di Universitas Negeri Lampung. Ia mengawali karirnya sebagai dosen tetap teknik lingkungan di Universitas Malahayati pada tahun 2011 dan direkrut untuk mengajar mata kuliah pengolahan air minum dan pengolahan air buangan.

Tak hanya sebagai dosen di Universitas Malahayati, tetapi di tahun 2014 ia juga bekerja di Rumah Sakit Bintang Amin (RS PBA) untuk bertanggungjawab terhadap kesehatan dan keselamatan kerja pasien, pengunjung dan karyawan yang berada dirumah sakit. Ia pun bertanggungjawab juga sampai ke Pengolahan dan kesehatan lingkungan seperti AMDAL, pengolahan air limbah, pengolahan air bersih dan sanitasi lingkungan yang berada di sekitar rumah sakit.

“Malahayati ini memang memiki prospek yang luar biasa tergantung dari kita nya sendiri, dan memiliki peluang untuk bisa jauh lebih besar dari sekarang,” kata Diah.

Banyak amanat dan harapan yang tertuju pada jurusan teknik lingkungan itu sendiri, bagaimana prospek kerja teknik lingkungan kedepannya. Karena semakin berkembangnya penduduk dan pembangunan, maka semakin banyak pula kesempatan dan peluang bagi teknik lingkungan itu sendiri dalam mengatasi atau meminimalisir limbah yang dibuang ke lingkungan.

“Harapan saya untuk teknik lingkungan kedepannya adalah kalian harus bisa membuka wawasan seluas luasnya,  jangan ketergantungan kepada PNS. Karena Teknik lingkungan memang dapat masuk ke segala bidang. Jadi,  jangan takut tidak bekerja, jangan takut mencoba dan menciptakan hal yang baru, dan jangan takut keluar dari zona nyaman atau tantangan,” tambahnya.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *