Hardoyo dan Natalina; Jurnal Potential of  Lignosellulosic Waste as Fuel-Energy Raw Material

Dr Ir Hardoyo M Eng Pria kelahiran Purworejo puluhan tahun silam ini mendapatkan Program beasiswa ke Jepang. Jauh sebelum menjadi dosen di Universitas Malahayati, Hardoyo adalah PNS aktif di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi di Provinsi Lampung.

Natalina ST MT adalah salah satu dosen Fakultas Tenik, Jurusan Lingkungan. Dosen yang sekaligus alumni S1 Teknik Lingkungan di Universitas Malahayati. Sejak 2008 ia bergabung dan menjadi dosen di Universitas Malahayati.

Jurnal ini membahas mengenai potensi limbah lignoselulosa sebagai bahan bakar. Bahan limbah lignoselulosa dapat diperoleh dengan biaya rendah dan terdapat dari berbagai sumber. Bahan ini mengandung tiga kelompok utama struktural karbohidrat yaitu: Selulosa semiselulosa dan lignin. Hal ini diperlukan untuk memanfaatkan bahan ini untuk menghasilkan energi bahan bakar baru dan terbarukan, etanol . Campuran bahan bakar etanol grade dan premium disebut gasohol . Tidak ada mesin modifikasi sampai 20 % bahan bakar kelas etanol di gasohol digunakan pada mesin bensin.

Baca Selengkapnya

Jurnal Hardoyo dan Natalia

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − ten =