Harapan Kepala Dinas Kesehatan Ingin RSPBA Menjadi Rumah Sakit Yang Terakreditasi

DALAM rangka Gebyar Akreditasi KARS versi 2012, Rumah Sakit Bintang Amin (RSPBA) menggelar suatu kegiatan jalan santai dan puncak dari mensukseskan akreditasi  pada Jumat, 18 Maret 2016. Dengan menghadiri Kepala Dinas Kehatan Provinsi Lampung, dr Hj Reihana MKes.

Sebagai acuan dalam melayani pasien rumah sakt wajib membuat, melaksanakan dan menjaga standar mutu pelayanan kesehatan. Dalam upaya meningkatkan mutu dari kesehatan tersebut semakin wajib melakukan akreditasi secara berkala. “Akeditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dari rumah sakit, meningkatkan keselamatan pasien yang ada dirumah sakit dan juga meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat,  sumber daya manusia rumah sakit serta rumah sakit harus mendukung program pemerintah dibidang kesehatan,” kata dr Hj Reihana.

Dalam Permenkes RI nomor 12 tahun 2012 pasal 3 ayat 3, 5, dan 7 menyebutkan bahwa rumah sakit wajib untuk mengikuti akreditasi nasional. Rumah sakit yang akan mengikuti akreditasi internasioanal harus sudah mendapatkan akreditasi nasional, dan rumah sakit yang sudah mendapatkan izin operasional dan beroperasi minimal 2 tahun, wajib untuk mengajukan permohonan untuk akreditasi. Sejak dikeluarkannya Permenkes RI nomor 12 terjadi perubahan paradigm, tentang akreditasi rumah sakit.

Ia juga mengatakan akreditasi adalah suatu pengakuan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh mentri kesehatan telah dinilai bahwa rumah sakit ini memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu layanan rumah sakit secara berkesinambungan.

Dalam UU RI nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit disebutkan bahwa rumah sakit mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi, dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar pelyanan rumah sakit.

Akreditas tahun 2007 hanya berfokus dengan dokumen, untuk akreditasi tahun 2012 bukan hanya dokumen, tetapi juga diperlukan implementasi, komitmen, kerja keras dan bimbingan dari pihak yang berkaitan.

“Secara emosional saya mensuport agar bisa sampai ke tingakat nasional atau bahkan internasional, diharapkan pada acara hari ini RSPBA mampu menyelesaikan akreditasi KARS 2012 ini dengan sebaik-baiknya dan mendapat predikat lulus sempurna. Besar harapan kami agar rumah sakit ini bisa menjadi rumah sakit yang terakreditasi sempurna ke tingkat internasional,” katanya.[]

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − one =