Hari Air Internasional, Ini kata Mahasisiwa Teknik Lingkungan Tentang Air

Muhammad Aji Darmawan, biasa disapa Aji adalah mahasisiwa jurusan Teknik Lingkungan Universitas Malahayati. Memperingati hari air internasional yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, Aji memberikan pendapatnya mengenai air dan memperlakukan air yang baik.

Menurut Aji yang paling penting dari air adalah kualitas dan kuantitasnya.. Saat ini  setiap orang bekerja kebanyakan berkaitan dengan air, ditambah populasi yang terus meningkat sehingga kebutuhan air pun meningkat, oleh sebab itu kita perlu menjaga air tersebut.

Dalam memperlakukan air dapat dimulai dari gaya hidup kita contohnya dalam membuang sampah. “Jangan buang sampah sembarangan, apalagi buang sampah dibadan air, karena samapah akan mempengaruhi kualitas air,” ujar Aji kepada malahayati.ac.id via telepon Selasa, 22 Maret 2016.

Aji menyarankan agar air kotor (air yang mengandung bahan kimia) tidak langsung dibuang ke saluran air bersih, agar proses alami air kotor menjadi air bersih tidak memakan waktu lama.

Menurut Aji dalam menjaga kuantitas air, idealnya kita menjaga tanaman. Pasalnya tanaman dapat menyimpan cadangan air untuk kita. Selain itu ia juga menyarankan alternatif lain dengan membuat lubang biopori dirumah untuk menyerap air hujan dan menyimpan cadangan air.

Dengan ditetapkannya Hari Air Internasional yang diperingati setiap tanggal 22 Maret, Aji berharap agar semakin banyak individu yang mengerti bagaimana menjaga lingkungan. “Karena ketika kita mengerti bagaimana menjaga lingkungan, kita akan tau dan merasakan bagaimanan memiliki kualitas air bersih dan sehat serta lingkungan yang sehat,” ujar Aji.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 1 =