Peran Bidan dalam Pencegahan BBLR Melalui Anternatal Care Oleh Dainty Maternity

SEMINAR dan Workshop Nasional mengenai  Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) dan Metode Kanguru. Acara ini diselenggarakan di Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati, Minggu, 27 Maret 2016. Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta seminar dari berbagai kalangan mahasiswa dan umum.

Seminar ini menghadiri 3 orang pemateri salah satu diantaranya adalah Dainty Maternity SST M keb. Wanita cantik ini seorang Ketua Prodi Kebidanan Universitas Malahayati. Dalam Seminar BBLR kali ini, ia menjelaskan mengenai “Peran Bidan dalam Pencegahan BBLR Melalui Anternatal Care” dan mari menjadi bidan sebagai mitra wanita dan turut andil melahirkan sang pemimpin.

Berdasarkan data SDKI,selama periode 1991-2007 angka kematian ibu mengalami penurunan dari 390 menjadi  228 per 100.000 kelahiran hidup. Namun pada SDKI 2012 angka kematian ibu kembali naik menjadi 359 per 100.000 kelahiran hidup. Mengacu dari kondisi saat ini, menurunkan AKI adalah off track, artinya diperlukan kerja kerasdan sungguh­sungguh untuk mencapainya.

Penyebab terbesar kematian ibu selama 2010-2013 masih tetap sama yaitu perdarahan. Penyebab lainnya adalah penyebab kematian ibu secara tidak langsung, seperti kondisi penyakit kanker, ginjal, jantung, tuberkulosis atau penyakit lain yang diderita oleh ibu.

Baca materi selengkapnya:

Peran Bidan dalam Pencegahan BBLR Melalui Anternatal Care Oleh Dainty Maternity

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 3 =