Pelatihan Akafarma untuk Pastikan Khasiat Obat

AKAFARMA Malahayati melaksanakan kegiatan Workshop Instrumentasi Spektrofotometri Ultraviolet Visible dengan tema “Pastikan Obat Kita Benar-benar Berkhasiat” diadakan Laboratorium Terpadu Universitas Malahayati, Bandar Lampung, pada Senin, 27 – 29 April 2015.

Pemateri Workshop ini adalah Purwadi, S.Si.,M.Si dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Lampung. Selain pemateri BBPOM menyertakan dua pelatih yaitu Novia Hestiningrum, S.Farm.,Apt dan Doni Kusuma W, M.Si.

Selama tiga hari workshop, peserta akan diberikan materi teori, instrumentasi, kalibrasi, dan aplikasi spektrofotometri ultraviolet-visible.

Peserta yang berjumlah 170 orang –termasuk apoteker dari luar Uversitas Malahayati- dibagi beberapa kelompok. Mereka mengikuti pemberian materi pada pagi Senin 27 April 2015, siangnya langsung pelatihan. Pada Selasa 28 April 2015, sehari penuh pelatihan. Sedangkan pada Rabu 29 April 2015, adalah pembahasan hasil praktek dan penutupan.

Dijelaskan bahwa spektrofotometri uv-vis itu adalah salah satu teknik spektroskopi. Sedangkan spektroskopi itu sendiri adalah analasis fisiko kimia yang membahas tentang interaksi radiasi elektromaknetik dengan materi –atom dan molekul.

Dalam bahasa sederhana, salah satu dosen Akafarma Malahayati Novita S Farm. Apt mengatakan bahwa pelatihan dengan peralatan spektrofotometri adalah untuk menguji kadar obat apakah memenuhi syarat atau tidak. “Jika kadarnya sesuai maka obatnya mujarab,” kata Novita.

Para peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat dengan bobot 5 sistem kredit poin Ikatan Apoteker Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 1 =