Tanaman Ini Mampu Mengingat, Jika Anda Cukup Sering Mengganggunya

Beberapa tanaman hidup kembali setelah musim dingin yang panjang, dibantu oleh pemanasan suhu dan peningkatan cahaya. Namun, apakah  tanaman juga “mengingat” apa yang harus dilakukan? Jawabannya, mungkin saja !

Pada tahun 2014, Dr Monica Gagliano dan rekan-rekannya dari University of Florence Italia memutuskan untuk meneliti apakah mereka dapat melatih tanaman untuk mengubah perilaku.

Para peneliti memilih Mimosa pudica, atau lebih dikenal sebagai Putri Malu. Tanaman ini akan meringkuk jika terkena rangsangan fisik, misalnya sentuhan. Pengujian Putri Malu dilakukan di dalam pot yang dijatuhkan ke busa dari ketinggian sekitar enam inci untuk memperoleh respon berkedip.

Setelah paparan berulang tanpa kerusakan besar, tanaman tidak lagi layu. Bahkan setelah satu bulan dibiarkan saja, tanaman tetap “mengingat” cara jatuh yang tidak berbahaya dan mengabaikan mereka. Dr. Gagliano menyimpulkan dari percobaan tersebut, bahwa tanaman dapat “belajar” dari perilaku tahan lama, semacam kenangan.

Hanya saja, review yang dipublikasikan bulan lalu di jurnal Science Advance ini juga menyarankan simpulan lain yang diambil dari sisi berbeda, yakni mimosa pudica bisa belajar untuk melupakan. Peter Crisp, ahli biologi molekuler di Australian National University dan salah satu penulis mengatakan bahwa tanaman dapat lupa untuk bergeming ketika ternyata ancaman tidak berbahaya.

“Hal ini memungkinkan tanaman untuk menghemat energi,” ungkap Dr. Crisp. | sumber: nationalgeographic.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =