Biografi Leonard Kleinrock, Si “Bapak Internet”

HIDUP di Era Globalisasi dewasa ini pasti tak asing lagi dengan kata “internet”. Internet kini berkembang menjadi sebuah trend dan bahkan kebutuhan bagi manusia. Bayangkan saja jika tidak ada internet, tentu kita tidak akan merasa semudah ini untuk memperoleh informasi. Karena saat ini Internet memberikan segala kemudahan kepada manusia untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tapi tahukah anda siapa penemu internet sebenarnya?

Ialah Leonard Kleinrock yang lahir di New York City, Amerika Serikat pada 13 Juni 1934. Ia lulus dari Bronx High School of Science pada tahun 1951. Lalu pada 1957 ia meraih gelar Sarjana Teknik elektro dan ilmu Komputer dari City College of New York. Di tahun 1959 dan 1963, ia mendapatkan gelar master dan doktor (Ph.D.) di bidang teknik elektro dan ilmu komputer dari Institut Teknologi Massachusetts. Setelah menyelesaikan pendidian ia kemudian bergabung dengan fakultas di Universitas California di Los Angeles (UCLA), Sekolah Teknik dan Sains Terapan sebagai profesor ilmu komputer.

Barulah pada 29 Oktober 1969 secara tidak sengaja ia berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Inilah awal mula penemuan terbesar dunia modern yaitu internet. Pesan pertama ARPANET dikirim oleh UCLA, mahasiswa programmer Charley Kline, pukul 10.30 WIB, 29 Oktober 1969 dari boelter Hall 3420. Ia dibimbing oleh Kleinrock. Kline ditransmisikan dari Universitas Komputer SDS Sigma ke Stanford. Dua huruf yaitu LO diketik pada keyboard di Universitas California, Los Angeles (UCLA), dan muncul pada layar di Stanford Research Institute, 314 mil jauhnya. Para ilmuwan komputer bermaksud untuk instruksi LOGIN, tetapi sambungan ini hilang tepat sebelum G. Kejadian itu merupakan cikal bakal pengembangan internet hingga saat ini.

Pada tahun 1988, Kleinrock adalah ketua kelompok Jaringan Penelitian Nasional untuk Kongres AS. Laporan ini sangat berpengaruh dan digunakan untuk mengembangkan Computing High Performance UU tahun 1991 yang berpengaruh dalam perkembangan Internet seperti yang dikenal saat ini. Pendanaan dari RUU itu digunakan dalam pengembangan browser web tahun 1993 Mosaic , di National Center for Supercomputing Applications (NCSA).

Kini ia dijuluki sebagai ‘Bapak Internet’ karena andilnya yang begitu besar dalam perkembangan internet. Bahkan sekarang ini teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

|Sumber wikipedia.org & biografi.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + sixteen =