Mengenal Lima Zat Paling Beracun di Dunia

Tahukah Anda apa lima zat paling beracun di dunia? Jawabannya tentu bukan sianida.

1. Botulinum toxins

Zat ini cukup sering digunakan dalam dunia kosmetik termasuk untuk suntikan botox. Padahal keluarga zat botulinum sendiri dikenal mengandung racun yang sangat berbahaya untuk manusia. Sebuah studi menunjukkan bahwa injeksi botulinum toxins ke tikus bisa menyebabkan kelumpuhan organ gerak selama satu bulan.

2. Racun ular

Sebagian besar racun ular terbuat dari campuran protein yang bisa meracuni manusia dengan sangat cepat. Banyak ular yang memiliki racun dengan reaksi sangat cepat sehingga orang yang digigit sebagian besar akan mati sebelum sempat mencari pertolongan.

3. Arsenik

Arsenik adalah salah satu zat yang dianggap paling berbahaya untuk manusia dan selalu masuk dalam daftar zat paling mematikan. Sayangnya, terkadang orang yang terpapar arsenik tidak diketahui dengan cepat sehingga berdampak fatal.

4. Polonium-210

Zat polonium-210 sangat berbahaya walau dalam jumlah yang sangat sedikit. Kurang dari satu per satu milyar gram saja bisa membunuh kita. Zat polonium bisa mengeluarkan radiasi yang membuat DNA teriris dan sel mati.

5. Merkuri

Merkuri adalah zat yang dianggap cukup berbahaya. Walau beracun, efek buruk merkuri masih harus diteliti lebih lanjut. Setiap jenis merkuri memiliki dampak berbeda untuk tubuh. Pernah ada orang yang mencoba bunuh diri dengan menyuntukkan merkuri cair ke tubuhnya namun ia tidak mati. Merkuri itu hanya menyebar di tubuhnya namun ia berhasil bertahan hidup. | sumber: nationalgeographic.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =