Perjalanan Hidetsugu Yagi Sang Penemu Antena

PERNAH kah Anda mendengar nama Hidetsugu Yagi? Ia adalah pria berkebangsaan Jepang penemu Antena pertama di dunia. Bersama dengan Shintaro Uda, Hidetsugu berhasil membuat antena yang banyak digunakan untuk televisi dan radio. Hidetsugu Yagi dilahirkan pada tanggal 28 Januari 1886 di Osaka. Sejak kecil ia ia sudah menyukai dunia elektronika. Itulah mengapa ia memilih jurusan listrik di Universitas Imperial Tokyo dan lulus tahun 1909, sebagai insinyur listrik.

Berkat kecerdasannya, ia diterima bekerja di kampusnya dan kemudian pada tahun 1913, ia berangkat ke Inggris untuk belajar mengenai kelistrikan. Tak puas dengan Inggris, ia belajar kembali di Amerika dan Jerman. Di Jerman, ia melakukan penelitian mengenai generasi gelombang listrik dengan menggunakan teknologi wireless. Dalam penelitiannya tersebut, Hidetsugu Yagi menemukan gelombang listrik dapat dihantarkan dalam kondisi tertentu. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal dari penemuan antena. Selanjutnya dengan bantuan seseorang bernama Shintaro Uda mereka mencoba mengembangkan sebuah alat dari hasil penelitian Hidetsugu tersebut.

Tahun 1926 di laboratorium, Hidetsugu Yagi dibantu rekannya Shintaro Uda sukses menemukan antena pertama di dunia yang kemudian dinamakan dengan Antena Yagi. Nama Yagi diambil dari nama belakang Hidetsugu Yagi. Lalu Antena itu ia patenkan dengan nama ‘Yagi Antenna’ dengan nomor paten 69115. Barulah pada tahun 1930 setelah menemukan antena, Hidetsugu Yagi kembali ke Jepang.

Di Jepang, Hidetsugu mengenalkan benda hasil penemuannya ke masyarakat. Namun antena hasil temuan Hidetsugu Yagi kurang mendapat perhatian dari masyarakat, terutama akademisi Jepang. Penyebabya karena saat itu merekakurang paham mengenai komunikasi enginering. Namun diluar Jepang, Seperti Eropa dan Amerika, Antena temuan Hidetsugu banyak memperoleh pujian. Kini dengan adanya antena dapat memudahan gelombang elektromagnetik menjadi terarah.

Hidetsugu Yagi sempat menjadi Direktur Fakultas Ilmu Industri Universitas Tokyo pada tahun 1942 dan kemudian menjadi direktur Jenderal Institut Teknologi pada tahun 1944 dan kemudian Direktur Jenderal Osaka Imperial University pada tahun 1946. Kemudian di tahun 1952, Hidetsugu Yagi menjadi presiden Established Yagi Antenna Inc, dan di tahun 1961 ia hingga pensiun sebagai presiden di perusahaan itu dan di tahun 1976. Hidetsugu Yagi meninggal dunia saat ia berusia 89 tahun meninggalkan penemuan yang bermanfaat bagi manusia. Saat ini antena sangat berguna dan banyak digunakan oleh jutaan masyarakat di seuruh dunia.[]

|sumber: penemu.co

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 16 =