Selamat Hari Kebebasan Pers Sedunia

03 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia. Menurut pakar sejarah massa Orde baru yang dipimpin Presiden Soeharto, hari kebebasan pers terkenal sepanjang sejarah bukanlah massa atau rejim dengan kebebasan pers yang baik dan independen, jadi keputusan itu dinilai oleh banyak pakar terlalu banyak kepentingan politis. Tetapi, disamping banyaknya perdebatan tentang sejarah hari pers di Indonesia, dunia internasional tetap merayakan momentum kebebasan pers sedunia yang jatuh pada 03 Mei 2016.

Hari Kebebasan Pers Sedunia merupakan momentum bagi jurnalis, perusahaan media, pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat untuk merefleksikan kembali praktik kebebasan pers dan independensi media di Indonesia, sebagai prasyarat sebuah negara yang demokratis.

Hari Kebasan Pers Sedunia ditetapkan pada 03 Mei karena beralasan akan disamakan dengan hari lahirnya PWI atau Persatuan Wartawan Indonesia, 09 Februari 1946, padahal PWI sendiri bukan sebagai organisasi wartawan paling pertama di Indonesia. Penetapan 09 Februari sebagai hari pers adalah bermuncul saat adanya beberapa tokoh orde baru, Harmoko, yang waktu itu ia menjabat selaku ketua PWI Pusat. | Sumber: http://www.indoberita.com/2015/05/15396/sejarah-singkat-hari-kebebasan-pers-sedunia-bagi-indonesia/, http://www.tribunnews.com/nasional,

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + seventeen =